Minggu, 12 Mei 2013

Backpacker ke Gunungkidul

Biaya/akomodasi dan tips backpacker ke Gunungkidul

Salam Traveling!!! Sebagai mahasiswa, kami menyadari betul kebutuhan akan traveling itu sangat penting untuk merefresh otak dari kesibukan kuliah yang menuntut untuk segera dikerjakan, terlebih kawan-kawan semester akhir yang sudah ditunggu oleh keluarga, pacar, bahkan mertua untuk segera wisuda, ehemm. Namun salah satu yang menjadi kendala bagi mahasiswa adalah akomodasi yang biasanya tidak disiapkan untuk pos berwisata. Kami pun sangat memahami hal itu, karena kami juga mahasiswa yang suka berjalan-jalan seperti Anda. Itulah sebabnya kami mengerti Anda memilih untuk backpacker ke Gunungkidul
Backpacker-IMG


Oleh karena itulah, sebagian teman-teman mahasiswa biasanya memilih untuk backpaker, yang berarti melakukan perjalanan dengan biaya seminim mungkin. Di sini kami akan merinci akomodasi/ biaya perjalanan untuk sampai ke Gunungkidul namun tidak menghitung pengeluaran yang mungkin disebabkan oleh kebutuhan pribadi (makan, rokok, dsb). Kemungkinan harga pun dapat berubah, harga ini berdasarkan tanggal saat tulisan backpacker ke Gunungkidul ini di buat.

Kami mengambil titik berangkat dari Jawa bagian barat yakni Jakarta dan Jawa bagian timur yakni Surabaya, sedangkan bagian selatan adalah Semarang. Bagi teman-teman yang berasal dari daerah lain di sekitar pulau Jawa bisa menyesuaikan jumlah pengeluaran yang mungkin dibutuhkan untuk sampai ke spot pemberangkatan.

Rancangan pengeluaran Biaya:
  • Harga tiket KA Progo jurusan Jakarta-Jogja Ekonomi   Rp    90.000/org   A
  • Harga tiket bus Surabaya-Jogjakarta Patas                    Rp    65.000/org   B
  • Harga tiket bus Semarang-Jogja Patas                           Rp    55.000/org   C
  • Harga tiket transjogja                                                    Rp      3.000/org   C
  • Ojek menuju jalan Jogja-Wonosari                                Rp    25.000/org (tergantung nego)   A
  • Taksi menuju jalan Jogja-Wonosari                                Rp 100.000/mbl (tergantung nego)   A
  • Bis Jurusan Jogja-Wonosari                                           Rp     7.000/org   A-B-C
  • Ojeg menuju penginapan                                                Rp   25.000/org (tergantung nego)   A-B-C
  • Penginapan                                                                    Rp   50.000/kmr/mlm    A-B-C
  • Penyewaan Mobil di Jogja                                             Rp  250.000/mbl/hr (opsional)   A-B-C
  • Penyewaan Motor di Jogja                                            Rp   50.000/hari (opsional)   A-B-C
  • Biaya restribusi masuk kawasan wisata pantai                 Rp    3.000/org (opsional)
  • Biaya kendaraan masuk kawasan wisata pantai               Rp    5.000/org (opsional)
  • Biaya Parkir kendaraan rata-rata Gunungkidul motor      Rp     1.000/mtr (opsional)   A-B-C
  • Biaya Parkir kendaraan rata-rata Gunungkidul mobil       Rp    2.000/mbl (opsional)   A-B-C
  • Biaya masuk Goa Rancang                                             Rp    3.000/org (opsional)
  • Biaya sewa rakit air terjun Sri Gethuk weekend              Rp    15.000/org (opsional)
  • Biaya masuk bukit api Purba                                          Rp     3.000/org (opsional)
  • Biaya masuk embung Ngelanggeran                                Rp     3.000/org (opsional)
  • Caving Goa Pindul                                                         Rp   30.000/org (opsional)
  • Rafting kali oya                                                              Rp   45.000/org (opsional)
  • Caving Goa Kalisuci                                                      Rp   50.000/org (opsional)
  • Caving Goa Sriti                                                            Rp   25.000/org (opsional)
  • Offroad kali Oya                                                           Rp  300.000/jeep (opsional)
  • Goa Jomblang                                                               Rp  500.000/org (opsional)
  • Oleh-oleh khas Gunungkidul (gatot-tiwul)                       Rp  25.000/besek (opsional)
Keterangan:
Yang menjadi kendala traveller ketika mengunjungi Gunungkidul adalah transportasi umum untuk mengantar Anda berkeliling wisata di Gunungkidul yang minim dilalui angkutan umum, oleh karena itu kami menambahkan penawaran penyewaan kendaraan. Seluruh tempat wisata opsional karena tergantung Anda akan berkunjung ke tempat tersebut atau tidak.

1. Anda mulai dari Jakarta
    Anda memilih dengan kode A. Perjalanan dimulai dengan kereta, lalu turun di setasiun lempuyangan. Kemudian untuk menuju jalan Jogja-Wonosari, Anda bisa memilih salah satu, menggunakan taksi atau dengan ojeg, tergantung jumlah rombongan Anda. Anda juga bisa menggunakan bus transjogja kemudian turun di terminal giwangan, namun akan sedikit menyulitkan Anda karena rute transjogja yang agak berbelit menurut kami. Kemudian Anda menggunakan Bus jurusan Jogja-Wonosari dari terminal dan turun di Bunderan Siyono. Lalu menumpanglah Ojeg dan minta di antar ke penginapan terdekat. Jika dalam rombongan, Anda dapat mencarter angkot. Selanjutnya Anda dapat menyewa kendaraan sesuai kebutuhan untuk mengantar Anda berkeliling ke tempat wisata opsional Anda.

2. Anda mulai dari Surabaya
     Anda memilih dengan kode B. Menggunakan Bus patas seperti Mir*-Ek* atau Sumber Sela*** merupakan opsi yang paling mudah, karena Anda dapat turun langsung di pertigaan Ketandan dimana biasanya terdapat bus-bus jurusan Jogja-Wonosari yang menunggu penumpang. Anda langsung bisa menaiki bus-bus tersebut yang kemudian turun di Bunderan Siyono. Lalu menumpanglah Ojeg dan minta di antar ke penginapan terdekat. Jika dalam rombongan, Anda dapat mencarter angkot. Selanjutnya Anda dapat menyewa kendaraan sesuai kebutuhan untuk mengantar Anda berkeliling ke tempat wisata opsional Anda.

3. Anda mulai dari Semarang
     Anda memilih dengan kode C. Menggunakan Bus Patas seperti Ramayan* atau Nusantar* merupakan opsi yang paling hemat, dikarenakan bus ekonomi terkadang menghabiskan uang yang relatif tidak jauh berbeda karena banyaknya pengamen sepanjang perjalanan. Faktor kenyamanan pun sekaligus masuk menjadi perhitungan kami. Selanjutnya Anda turun di terminal Jombor, lalu menggunakan bus Transjogja untuk sampai ke terminal Giwangan. Kemudian Anda menggunakan Bus jurusan Jogja-Wonosari dari terminal dan turun di Bunderan Siyono. Lalu menumpanglah Ojeg dan minta di antar ke penginapan terdekat. Jika dalam rombongan, Anda dapat mencarter angkot. Selanjutnya Anda dapat menyewa kendaraan sesuai kebutuhan untuk mengantar Anda berkeliling ke tempat wisata opsional Anda.

Note: 
  • Jangan malu untuk bertanya! (konsep backpaker)
  • Kami berusaha mencarikan alternatif yang paling murah, jika Anda menemukan alternatif yang lebih murah bisa memberikan masukan kepada kami melalui komentar di bawah ini.
  • Bus Jurusan Jogja-Wonosari hanya tersedia hingga jam 5 Sore, selepas itu Anda dalam masalah, hehe. Hal ini dikarenakan alternatif lain sangatlah mahal. Mintalah turun di bunderan Siyono.
  • Tips: bus Jogja-Wonosari terdapat 2 macam, berukuran besar dan kecil (Engkel). Gunakanlah yang besar, karena bus kecil terlalu banyak dan lama berhenti. Sedangkan bus besar menggunakan timer.
  • Harga penginapan tergantung fasilitas, mintalah tukang ojeg pengantar Anda untuk mencarikan yang murah
  • Bagi Anda yang menggunakan TransJogja, bertanyalah kepada petugas penjaga untuk bus mana yang bisa Anda naiki. Sekali lagi, transjogja memiliki banyak jalur, sehingga cukup ribet, untuk itu jangan malu bertanya. Transjogja juga memungkinkan Anda berganti bis dalam mencapai tujuan Anda.
  • Harga makanan di Gunungkidul relatif standar. Dengan 10 rb rupiah Anda sudah dapat makanan dengan hidangan ayam goreng.
  • Mintalah karcis restribusi setiap Anda di minta untuk membayar bea masuk wisata. Bantu komitmen kami untuk masalah ini.
  • Tempat wisata sangat opsional, jadi kalkulasikan sendiri kebutuhan Anda, biaya masuk tempat wisata sudah termasuk peralatan keamanan.
Jika membutuhkan bantuan pemandu wisata, kami siap memandu Anda melalui jaringan media sosial twitter  @IMG_Jogja, demikian juga untuk penyewaan kendaraan selama Anda melakukan backpacker ke Gunungkidul. Jika dibutuhkan, teman-teman Ikatan Mahasiswa Gunungkidul siap membantu memandu Anda untuk menikmati wisata di Gunungkidul.

IMG berkomitmen untuk mengawal pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang berjanji untuk menyelenggarakan pariwisata ideal bagi wisatawan. Oleh karena itu, bantu komitmen kami ini dengan mengirimkan kritik dan saran Anda atas semua gangguan, aduan, keluhan, terhadap pengelolaan atau pelayanan kepariwisataan selama Anda berkunjung ke Gunungkidul melalui Aduan Pariwisata atau twitter kami di @IMG_Jogja. Kami akan menyampaikan aspirasi Anda kepada Bidang Pengembangan Pariwisata Disbudpar Kabupaten Gunungkidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...