Minggu, 09 Juni 2013

Makrab IMG

Seperti yang telah diagendakan oleh teman-teman IMG sebelumnya, makrab Musyawarah Kerja Ikatan Mahasiswa Gunungkidul dilaksanakan sesuai rencana meski cuaca pada saat itu kurang mendukung. Rapat yang mengagendakan pembahasan AD-ART serta pelantikan pengurus baru 2013 ini dilaksanakan pada hari sabtu 8-9 Juni 2013 di Pantai Ngobaran, desa Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 


Pengurus 2013
Makrab kali ini telah berhasil membentuk wajah-wajah baru pengurus IMG 2013 yang harapannya mampu membawa IMG menjadi organisasi yang mampu mewadahi silaturahmi dan aspirasi mahasiswa asal Gunungkidul yang mempunyai ide-ide untuk memajukan Gunungkidul. Beberapa pos baru yang dirombak adalah posisi wakil ketua yang sebelumnya diisi oleh Fajar Ardhian Y. dari UNY digantikan oleh Mardiana Firdaus Sri Widiawati dari UGM. Selain posisi wakil ketua, posisi baru berikutnya adalah Sekertaris II yang diisi oleh Wahyu Munajat Wulandari dari UNY yang sebelumnya kosong dan posisi bendahara II yang diisi oleh Sulastini dari UAD yang sebelumnya juga merupakan posisi kosong.


Ditengah cuaca mendung pantai Nguyahan (sebelah barat pantai Nngobaran) teman- teman IMG memulai acara makrab dengan bermain di pantai sambil menyiapkan hidangan makan malam. Ikan laut hasil dari nelayan desa setempat menjadi menu makan malam teman-teman sembari menikmati indahnya pantai Nguyahan. Ikan yang sebelumnya memang sudah setengah matang ini kemudian di dibakar bersama-sama di pantai Nguyahan. Harapannya dapat timbul rasa kebersamaan dan kerjasama antaranggota IMG melalui acara ini. Kebersamaan menjadi sangat penting dalam sebuah organisasi karena setiap anggota organisasi akan berkerjasama dalam mencapai tujuannya. Seperti yang dijelaskan dalam teori organisasi, motivasi menjadi sangat penting dalam mencapai suatu produktifitas, dan konsep kebersamaan menjadi salah satu motivasi yang sangat relevan dalam sebuah organisasi yang berideologi nonprofit seperti kami.


Kebersamaan dalam menyiapkan makan malam



Acara yang dilanjutkan dengan makan malam bersama ini dapat menghangatkan suasana antaranggota IMG yang sebenarnya mereka belum saling mengenal sebelumnya. Anggota IMG yang berasal dari lintas universitas ini tidak dapat dipungkiri mampu menjadi gap sesama anggota, namun melalui acara seperti inilah, kami berusaha menghilangkan rasa canggung yang sebelumnya memang biasa terjadi dalam sebuah organisasi yang  anggotanya dari latar belakang yang  berbeda. 





Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan AD-ART IMG ini cukup memakan waktu yang lama, namun pada akhirnya berhasil melahirkan dasar-dasar IMG dalam bertindak. 
UNITY - IMG
Sidang pembahasan AD-ART sendiri dipimpin oleh Fajar Setiawan (UNY) dengan diwakili oleh Rasied Sidieq (UST) dan Yudytama (UNY) sebagai notulen ini berakhir hingga jam 1 malam. Kami pun berterimakasih atas partisipasi teman-teman yang telah meluangkan tenaga dan pikirannya untuk berkerjasama membangun organisasi ini agar lebih baik dalam melangkah. 

Pada akhirnya acara ini pun ditutup keesokan harinya dengan pelantikan dengan penyerahan bendera IMG dari perwakilan pengurus lama ke pengurus yang baru. Pengurus lama yang diwakili oleh Himawan Kurniadi (UNY) menyerahkan bendera secara simbolis kepada pengurus baru yang diwakili ketua IMG terpilih Ervan Bambang (UIN) yang diikuti dengan penyuapan tiwul sebagai makna agar pengurus yang baru tetap ingat kepada daerah asal kita Gunungkidul, seperti tiwul yang menjadi makanan khas Gunungkidul.



Akhirnya pada pukul 7.30 acara secara resmi ditutup oleh ketua panitia makrab. Semoga makrab kali ini dapat membawa masa depan yang cerah bagi IMG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...